Selain mengelola beberapa kompetensi keahlian seperti Multimedia, Tata Kecantikan dan Tata Boga, SMK Negeri 10 medan juga mengelola kompetensi keahlian Tata Busana yang merupakan program keahlian Tata Busana.

Bimbingan praktek yang dilakukan guru praktek busana Ibu Enitia Harefa dan Ibu Ketua Jurusan Busana Ibu Helena Simatupang terhadap salah seorang siswi

TUJUAN KOMPETENSI KEAHLIAN TATA BUSANA

  1. Menyiapkan peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Membentuk peserta didik menjadi  warga negara yang bertanggung jawab dan peduli lingkungan.
  3. Mendidik siswa untuk membentuk sikap dan watak agar mempunyai karakter pribadi yang baik.
  4. Menyiapkan peserta didik dengan keahlian dan ketrampilan dalam paket keahlian Tata Busana agar dapat diterima bekerja di Dunia Industri dan Dunia Usaha sebagai tenaga kerja menengah.
  5. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal bagi peserta didik yang berminat melanjutkan pendidikan.
Siswa jurusan busana sedang melakukan praktek pembuatan pola busana di SMK Negeri 10 Medan

PROFIL LULUSAN

Persaingan di Industri  Tata Busana pada era globalisasi ini semakin menuntut lulusan memiliki Kompetensi yang baik sehingga mampu menghadapi persaingan tersebut. Para lulusan  Kompetensi Keahlian Tata Busana di SMK Negeri 10 medan  dibentuk menjadi calon entrepreneu yang professional  dibidangnya dan atau tenaga ahli di bidang garmen yang menitik beratkan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Bidang Konveksi
  2. Bidang Modiste
  3. Bidang Butik
  4. Operator Yunior
  5. Quality Control
  6. Pattern Maker
  7. Cutter
  8. Finisher
  9. Marker Layout