Matematika Di Dunia Modern

Tanpa kita sadari, Matematika meresap ke dalam hampir setiap aspek kehidupan di dunia modern. Dengan munculnya teknologi modern, matematika memainkan peranan yang semakin besar dalam kehidupan kita. Hari ini kita mungkin dibangunkan oleh alarm jam digital, mengirim pesan teks, menjelajahi Internet, menonton HDTV atau menonton video streaming, mendengarkan musik melalui ponsel, mengendarai mobil dengan sistem injeksi bahan bakar yang dikontrol secara digital, lalu tertidur di ruangan yang suhunya diatur oleh termostat digital. Dalam seluruh kegiatan ini, Matematika memainkan peranan yang sangat penting.

Secara umum, nilai-nilai seperti intensitas atau frekuensi suara, tingkat oksigen dalam emisi gas buang mobil, warna dalam gambar, atau suhu di kamar tidur kita diubah menjadi urutan angka oleh algoritma matematika yang canggih. Data numerik ini, yang biasanya terdiri dari jutaan bit (angka 0 dan 1), kemudian ditransmisikan dan diterjemahkan kembali. Penanganan data sebesar itu sangat sulit dilakukan sebelum ditemukannya teknologi komputer, mesin yang proses logikanya diciptakan oleh ahli matematika.

Kontribusi matematika dalam dunia modern tidak hanya terbatas pada perkembangan teknologi. Proses logika matematika saat ini digunakan untuk menganalisa masalah-masalah kompleks dalam bidang sosial, politik, dan ilmu pengetahuan dengan cara yang baru dan mengejutkan.

Kemajuan dalam matematika masih terus berlanjut sampai saat ini, beberapa perkembangan yang paling menarik diantaranya terjadi dalam sepuluh tahun terakhir.