Kelas Industri Tata Kecantikan Rambut bersama PT. L’oreal Indonesia

Persaingan tenaga kerja pada era global khususnya untuk tingkat menengah akan semakin kompetitif dan sulit diprediksi. Hal ini mengingat tuntutan kualitas yang diminta industri semakin tinggi disamping jumlah pencari kerja yang semakin banyak. Untuk memenangkan persaingan global ini diperlukan lulusan yang unggul, berkarakter dan inovatif. Tantangan terhadap tuntutan kualitas tenaga lulusan yang unggul, berkarakter dan inovatif seyogyanya sudah harus diantisipasi sejak dini agar lulusan SMK dapat berkompetisi di era global.

Untuk itu perlu dilakukan strategi yang tepat agar lulusan SMK dapat memenuhi tuntutan dunia usaha/ dunia industri. Salah satunya adalah peningkatan kompetensi sumber daya manusia yang berkualitas, yang memiliki inovasi dan adaptasi terhadap perubahan lingkungan dan mampu melakukan proses pembelajaran secara terus-menerus. Untuk mengantisipasi tantangan besar diatas perlu adanya perubahan paradigma penyelenggaraan pendidikan, yaitu penyelenggaraan pendidikan kejuruan yang mengacu pada kompetensi sesuai dengan tuntutan pasar kerja (work-based competence).

Untuk merealisasikan agar SMK dapat menghasilkan lulusan yang unggul sesuai dengan tuntutan dunia usaha/ dunia industri diperlukan adanya wadah yang dapat menjembatani kebutuhan dunia industri dan dunia usaha sesuai dengan harapan SMK.

Wadah dimaksud adalah adanya kelas yang dapat mengakomodir tuntutan industri dan harapan SMK. Wadah yang dimaksud adalah kelas industri yang para instrukturnya berasal dari dunia usaha/ dunia industri atau guru yang mendapatkan pengetahuan/ keterampilan terkini dan kurikulumnya sudah merupakan hasil sinkronisasi dan siswanya secara langsung melakukan praktek kerja pada tempat yang sesungguhnya.

Salah satu upaya yang dilakukan SMK Negeri 10 Medan dalam rangka peningkatan penguasaan kompetensi lulusan adalah dengan melaksanakan Kelas Industri dengan pihak Industri PT L’oreal Indonesia, sehingga siswa memiliki kesempatan menikmati pendidikan dan latihan sesuai dengan standar dunia usaha/ dunia industri sebagai modal dasar yang utama untuk meningkatkan kompetensi dan produktifitasnya,

Pelaksanaan Kelas Industri dengan pihak Industri PT L’oreal Indonsia di SMK Negeri 10 Medan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan pembelajaran di SMK Negeri 10 Medan sesuai dengan tuntutan industri, dan dapat menghasilkan lulusan yang unggul, terampil dan profesional sesuai dengan tuntutan dan harapan dunia usaha/ dunia industri khususnya dibidang Tata Kecantikan Rambut.  Dengan demikian lulusan SMK Negeri 10 Medan akan mampu berkompetisi di dunia kerja, bahkan mampu untuk menciptakan lapangan kerjanya sendiri, sehingga meningkatkan keterserapan dan daya saing lulusan SMK Negeri 10 Medan dalam dunia usaha/ dunia industri khususnya di bidang Tata Kecantikan Rambut.